Search This Blog

Sunday, November 29, 2015

CONTOH DFD PEMINJAMAN/SEWA TANDA

                     PROSES PEMINJAMAN/ SEWA TENDA CV.YOLANDA PRIMA PALEMBANG

Proses peminjaman alat tenda CV.Yolanda Prima
CV.Yolanda Prima adalah salah satu perusahan yang bergerak di bidang peminjaman atau sewa alat tenda dan juga alat perkawinan dan lain-lain cv ini di pimpin oleh bapak H.Sudirman Kopri. SE, beliau adalah pemilik dari perusahaan ini. Cv.yolanda prima adalah salah satu usaha peminjaman tenda terbesar di kota Palembang, pemilik CV ini adalah ketua dari perkumpulah usaha tenda seluruh Palembang.
Pada kesempatan ini saya akan sedikit menjelaskan alur dari proses peminjaman yang terjadi pada CV. Yolanda Prima ini mulai dari tahap pendaftaran konsumen, kemudian pembayaran, pemasangan dan pengembalian barang.
DAN BERIKUT ADALAH CONTOH DARI DIAGRAM KONTEKNYA:
  



1.proses pendaftaran
Pada proses ini biasanya konsumen dianjurkan untuk melakukan pendaftaran untuk peminjaman dilakukan 2minggu sebelum tanggal pemasangan, hal ini dilakukan dikarenakan CV.Yolanda Prima ini hampir tiap hari melakukan pemasangan tenda, yang mana apabila kita melakukan pemesanan seminggu atau pun kurang dari seminggu kemungkinan besar kita tidak akan mendapatkan peminjaman dari CV.Yolanda Prima.
Tahap dari proses pendaftaran diawali dengan konsumen akan mengisi formulir pendaftaran yang mana pada formulir ini terdiri dari beberapa atribut yaitu identitas konsumen, jenis tenda yang akan dipinjam dan juga tanggal pemasangan dan pengembalian barang, . Selanjutnya petugas akan mengecek jenis barang yang dipilih oleh konsumen  kepada  bagian gudang apakah barang tersebut tersedeia atau sedang dipakai, apabila barang tersebut ada maka petugas akan petugas akan memberikan nota barang yaitu harga dari peminjaman barang tersebut, dan apabila barang tersebut tidak ada maka petugas akan menyarankan konsumen untuk memilih jenis yang berbeda tetapi tipe yang sama.
Apabila  semuanya telah selesai maka data pendaftaran dari konsumen tadi akan diberikan kepada pimpinan 

DIAGRAM LEVEL 0

.

2.proses pembayaran
Pada proses pembayaran konsumen akan memberikan uang panjar atau DP sebagai tanda jadi untuk peminjaman barang tersebut, konsumen dapat memilih melakukan transaksi pembayaran transfer lewat bank atau langsung bayar dimuka. Selanjutnya apabila pembayaran telah dilakukan maka petugas akan mengeluarkan kwitansi bukti pembayaran kepada konsumen, petugas juga akan langsung mengkonfirmasi kepada pemimpin bahwa proses pembayaran tanda jadi  telah selesai.

DIAGRAM LEVEL 1 :




3.proses pemasangan dan pengambilan
Untuk proses ini petugas akan mengecek tanggal pasang dan juga penarikan yang telah diisi oleh konsumen pada saat pendaftaran, apabila tanggal sudah pada waktunya untuk melakukan pemasangan maka ptugas akan memerintahkan kepada bagian gudang untuk melakukan pemasangan alat tenda atau pun yang lain kealamat konsumen yang telah diisi oleh konsumen pada saat  proses pendaftaran tadi.
Dan untuk proses penarikan barang maka petugas juga akan melihat data tanggal berapa barang tersebut untuk ditarik, apabila tanggal untuk melakukan penarikan sudah saatnya maka petugas akan memerintahkan kepada bagian gudang untuk melakukan penarikan. Pada saat penarikan bagian gudang juga akan melakukan proses yaitu menagih seluruh sisa uang peminjaman barang, setelah proses tersebut selesai maka bagian gudang akah melakukan pengecekan barang yang mana apa bila kondisi barang utuh dan tidak rusak maka bagian gudang langsung menariknya dan langsung mengkonfirmasi kepada petugas bahwa barang telah kembali dan keadaan barang juga masih utuh dan tidak rusak
Tetapi apabila pada saat pengecekan barang terdapat barang yang rusak atau tidak utuh maka bagian gudang akan memberitahu kepada petugas bahwa ada kerusakan barang ataupun ada barang yang kurang, selanjutnya petugas akan langsung bernegosiasi kepada konsumen agar konsumen mengganti barang tersebut sesuai dengan peraturan dari CV.yolanda Prima yang mana apabila barang sudah dalam kondisi barang lama maka konsumen hanya perlu melakukan penggantian 50% dari harga barang tetapi apabila kondisi barang baru maka konsumen harus membayar 75% harga barang.
Setelah proses penggantian barang selesai, maka barang tersebut akan langsung dibawa kegudang oleh bagian gudang dan mereka akan langsung memberi tahu petugas bahwa barang telah kembali, petugas juga akan memberikan laporan kepada pemimpin bahwa barang telah kembali kegudang.
DIAGRAM LEVEL 2;


PROSES PEMBUATAN DIAGRAM DILAKUKAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE DFD(DATA FLOW DIAGRAM).

TERIMA KASUH SEMOGA BERMANFAAT


No comments:

Post a Comment